Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak yang Wajib Dipenuhi Asupannya

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak – Balita sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan maka dari itu penting untuk diperhatikan supaya kondisi kesehatannya tetap terlindungi. Jika nutrisi tidak terpenuhi, maka anak akan mengalami resiko kekurangan gizi yang akhirnya bisa mengganggu perkembangan tubuhnya.

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak

Maka dari itu, penting bagi para orang tua diwajibkan untuk memperhatikan asupan gizi terhadap anaknya. Di bawah ini merupakan jenis jenis nutrisi penting yang dibutuhkan anak.

6 Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak yang Penting

  1. Nutrisi Kalium

Kalium merupakan salah satu nutrisi terpenting yang bisa mengalikan tekanan darah. Tetapi, sebagian banyak anak-anak tidak memperoleh nutrisi kalium, khususnya bagi anak yang memiliki resiko kelebihan berat badan atau obesitas. Dan banyak buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi kalium yang mudah untuk ditemukan pada buah melon, starwberry, semangka, brokoli, kacang polong, kentang dan pisang.

  1. Nutrisi DHA

Nutrisi DHA adalah nutrisi utama untuk pertumbuhan pada otak anak. tetapi kebanyakkan anak-anak hanya memperoleh nutrisi ini sebesar 25 % dari yang dianjurkan. Otak dapat berkembang pesat semenjak tiga tahun awal memulai kehidupan disertai dengan dukungan DHA. Hingga DHA kemungkinan saja dapat membantu untuk menangani pilek dan alergi, serta meningkatkan tidur anak menjadi lebih baik. Makanan yang memiliki nutrisi DHA yaitu susu, ikan dan telur.

  1. Nutrisi Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan anak dan diperlukan untuk membantu kesehatan otot, gigi, dan tulang. Nutrisi ini dapat dijumpai di makanan yaitu sereal, saus apel, yogurt, keju dan susu.

  1. Nutrisi Zat Besi

Zat besi merupakan mineral utama yang berfungsi sebagai pembentukan hemoglobin, area dari sel darah merah yang menghasilkan oksigen dari paru menuju jaringan tubuh. Jika zat besi tidak tercukupi maka bisa menimbulkan penyakit anemia. Ada beberapa penyebab anak-anak tidak dapat memenuhi zat besi salah satunya yaitu mengkonsumsi susu kalsium dalam jumlah yang berlebihan sehingga dapat menggagalkan asupan zat besi. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi konsumsi susu dengan cara anak mengkonsumsi susu hanaya dua gelas dalam satu hari. Dan tidak ada salahnya anak mengkonsumsi sereal yang memiliki zat besi lebih tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya.

  1. Nutrisi Serat

Memperoleh serat yang tercukupi merupakan komponen dari diet sehat. Nutrisi ini penting untuk dipenuhi khususnya untuk balita yang selalu mengalami sembelit. Maka dianjurkan untuk anak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur dan buah-buahan. Dan tidak ada salahnya anda mencampurkan oatmeal untuk memperoleh rangsangan ekstra serat.

  1. Nutrisi Asparagin

Sistem saraf sangat membutuhkan asparagi untuk melindungi kestabilan dan dibutuhkan juga dalam mutasi asam amino. Nutrisi ini dapat diperoleh dari makanan seperti susu, telur dan daging.

Baca juga Makanan Sehat Dengan Serat yang Tinggi.

Demikianlah penjelasan nutrisi untuk pertumbuhan anak yang harus dipenuhi, maka dari itu para orang tua dianjurkan untuk selalu rajin memberikan nutrisi penting kepada anak. Sebab nutrisi tersebut sangat berguna untuk pertumbuhan dan kecerdasannya di masa depan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *