Cara untuk Berhenti Merokok

Stop Merokok
Stop Merokok

Sudah jadi rahasia umum merokok memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Bahkan pada iklan rokok maupun pada bungkus rokok nya terdapat larangan untuk merokok. Namun tidak sedikit pula yang mengabaikan larangan tersebut. Merokok memang memberikan efek ketagihan bagi yang mencobanya, untuk itu apabila anda bukan perokok jangan sekali sekali mencoba merokok. Nah bagi anda yang sudah aktif merokok sebaiknya buang jauh jauh dan berhenti sekarang juga demi kesehatan yang harus anda jaga. Apabila anda tidak memikirkan diri anda, pikirkan lah orang disekitar anda yang mungkin akan terkena dampak berbahaya dari asap rokok tersebut. Untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini tentulah sangat tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Berikut cara untuk berhenti merokok
1. Minum banyak air
Konsumsi banyak air putih hal ini digunakan untuk membantu membuang nikotin keluar serta beberapa racun dari asap rokok yang ada di tubuh anda.
2. Hindari mengkonsumsi alkohol, gula, dan kopi
Hal berikutnya yang perlu dilakukan untuk berhenti dari merokok adalah hindari mengkonsumsi alkohol gula dan kopi. Hal ini dikarenakan bahan bahan tersebut dapat sering merangsang keinginan untuk merokok, oleh sebab itu hindarilah untuk mengonsumsi alkohol, gula, dan kopi. Selain itu wajib dihindari mengkonsumsi makanan berlemak, karena metabolisme anda akan melambat sedikit tanpa nikotin.
3. Cari Pengganti Rokok
Cara berikutnya yang dapat anda lakukan agar dapat berhenti dari merokok adalah dengan mencari pengganti dari rokok. Kebiasaan merokok memang sulit dibuang, untuk membuang nya perlu di cari pengganti untuk mengganti kebiasaan merokok anda. Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori seperti seledri, apel, dan wortel. Selain itu dapat mengunyah permen karet ataupun seperti mengisap batang kayu manis dapat menjadi alternatif yang paling baik.
4. Sibukkan diri dengan aktivitas
Cara selanjutnya adalah dengan menyibukan diri dengan berbagai macam aktivitas. Menyibukan diri dengan melakukan hobi atau aktivitas aktivitas lainnya yang menyenangkan seperti bersepeda, berkebun, mendengarkan musik, main game, dan lain sebagainya. Berolahragalah ke tempat fitnes maupun sekadar jogging atau berjalan mengelilingi komplek perumahan. Ini dapat membantu anda untuk melupakan merokok.
5. Kurangi jumlah rokok secara pelan pelan
Untuk berhenti dalam merokok tidak serta merta dapat sekejap berhenti merokok. Cara yang terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah rokok secara perlahan-lahan. Jika anda dalam sehari menghabiskan 1 bungkus rokok, nah anda bisa mengurangi menjadi 8 batang untuk hari pertama. Dan hari berikutnya, cobalah dikurangi menjadi 6 batang dan seterusnya dengan begitu pelan tapi pasti maka anda dapat terbebas dari bahayanya merokok.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk berhenti dari merokok. Semoga bermanfaat.

sumber : www.cancer.org

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *